Menginjak
akhir tahun 1990-an perkembangan internet merebak baik di dalam maupun di luar
negeri. Dengan ditemukannya world wide web, semakin murahnya harga
bahan dasar pembuatan komputer yang berujung kepada personal computer, dan
keinginan secara umum dari manusia untuk metode penyebaran informasi
mengakibatkan istilah populer internet go to public. Siklus
perputaran informasi yang tercipta melalui wadah baru bernama internet berputar
sangat cepat. Ilmu atau informasi dalam bentuk apapun dapat diperoleh dalam
hitungan menit, bahkan detik. Pada perputaran aliran informasi yang cepat ini,
tercetuslah berbagai ide untuk saling menghubungkan manusia yang satu dengan
yang lain tanpa harus terbatas oleh jarak, ruang dan waktu. Salah satunya
adalah apa yang kita dengar dan lafalkan dengan jejaring sosial secara daring (online).
Karena faktor-faktor diatas maka timbul suatu masalah baru yaitu Internet Addiction Disorder (IAD). atau gangguan kecanduan internet meliputi segala macam hal yang berhubungan dengan internet seperti jejaring sosial, email, pornografi, judi online, game online, chatting dan lain-lain. Jenis gangguan ini memang tidak tercantum pada manual diagnostik dan statistik gangguan mental, atau yang biasa disebut dengan DSM, namun secara bentuk dikatakan dekat dengan bentuk kecanduan akibat judi, selain itu badan himpunan psikolog di Amerika Serikat secara formal menyebutkan bahwa kecanduan ini termasuk dalam salah satu bentuk gangguan.
Adiksi terhadap internet terlihat dari intensi waktu yang digunakan seseorang untuk terpaku di depan komputer atau segala macam alat elektronik yang memiliki koneksi internet, dimana akibat banyaknya waktu yang mereka gunakan untuk online membuat mereka tidak peduli dengan kehidupan mereka yang terancam diluar sana, seperti nilai yang buruk disekolah atau mungkin kehilangan pekerjaan dan bahkan meninggalkan orang-orang yang mereka sayangi.
Beberapa bentuk gejala kecanduan ditunjukkan dengan kurangnya tidur,
kelelahan, nilai yang buruk, performa kerja yang menurun, lesu dan kurangnya
fokus. Penderita juga cenderung kurang terlibat dalam aktivitas dan hubungan
sosial. penderita akan berbohong tentang berapa lama waktu yang mereka gunakan
untuk online dan juga tentang permasalahan-permasalahan yang mereka tunda
karenanya. Dalam keadaan offline mereka menjadi pribadi yang lekas marah saat
ada yang menanyakan berapa lama waktu yang mereka gunakan untuk berinternet.
Dr Ronald Pies, profesor psikiatri dari SUNY Upstate Medical University, New York, mengatakan “Kebanyakan dari orang-orang yang kecanduan
internet adalah mereka yang mengalami depresi berat, kecemasan, atau orang yang
tak bisa bersosialisasi sehingga mereka sulit untuk bertemu muka dengan orang
lain secara langsung.” Dari hal tersebut maka diketahui bahwa kecenderungan
kecanduan ini dimiliki oleh mereka yang memiliki gangguan dalam dunia nyata,
sehingga internet merupakan salah satu media ‘pelarian’ mereka.
Ketidakmampuan seseorang dalam mengontol diri untuk terkoneksi dengan
internet dan melakukan kegiatan bersamanya adalah cikal bakal dari lahirnya
bentuk kecanduan ini, bahkan di Amerika Serikat sendiri telah berdiri panti
rehabilitasi untuk menyembuhkan bentuk kecanduan khusus internet. kebiasaan
yang tidak terkendali memang terkadang dapat menimbulkan petaka tersendiri bagi
diri kita, dengan tidak bisa mengatur lamanya durasi berinternet, menghabiskan
waktu dan menghancurkan semua tanggung jawab dalam kehidupannya.
Contoh dari Internet Addiction Disorder adalah
1. Kecanduan
game online : contoh kasusnya adalah seorang anak ber-umur 16 tahun yang
masih bersekolah di bangku SMA telah kecanduan game online yang bernama
“Ayodance” dia terus memainkan game itu sampai larut malam , begadang dan
bahkan dia lakukan setiap hari sampai dia bolos sekolah demi memainkan game
online, dan tidak jarang dia menghabiskan uang berjuta juta untuk membeli
Voucher untuk “char” game online tersebut, sampai-sampai menginap 2malam di
warnet.
2. Kecanduan
Jejaring social : siapa yang tidak tahu jejaring social
“Twitter,Facebook,Line,BBM,Whatssap” hampir semua tau. Dari orang dewasa hingga
anak kecil yang masih bersekolah di bangku Sekolah dasar. Tidak sedikit dari
mereka kecanduan jejaring social ini. Kasus terbanyak yang mengalami kecanduang
jejaring social berada pada anak remaja. Mereka menghabiskan waktu lebih dari
10 jam untuk hanya sekedar membuka situs jejaring social dari bangun tidur
hingga mau tidur mereka pasti tidak lupa mengecek jejaring social mereka .
akibatnya ada yang sampai lupa makan, lupa ibadah, lupa mengerjakan tugas .
waktu mereka terbuang sia sia hanya untuk jejaring social.
Jenis-Jenis
Internet addiction:
Berikut ini
adalah sub-sub tipe dari internet addiction menurut Kimberly S. Young, et. al.
(2006):
a. Cybersexual Addiction,
Termasuk ke dalam cybersexual addiction antara lain adalah individu yang secara kompulsif mengunjungi website-website khusus orang dewasa, melihat hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji secara eksplisit, dan terlibat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambar dan file-file khusus orang dewasa.
b. Cyber-Relationship Addiction
Cyber-relationship addiction mengacu pada individu yang senang mencari teman atau relasi secara online. Individu tersebut menjadi kecanduan untuk ikut dalam layanan chat room dan seringkali menjadi terlalu-terlibat dalam hubungan pertemanan online atau terikat dalam perselingkuhan virtual.
c. Net compulsions
Yang termasuk dalam sub tipe net compulsions misalnya perjudian online, belanja online, dan perdagangan online.
d. Information Overload
Information overload mengacu pada web surfing yang bersifat kompulsif.
e. Computer Addiction
Salah satu bentuk dari computer addiction adalah bermain game komputer yang bersifat obsesif.
a. Cybersexual Addiction,
Termasuk ke dalam cybersexual addiction antara lain adalah individu yang secara kompulsif mengunjungi website-website khusus orang dewasa, melihat hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji secara eksplisit, dan terlibat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambar dan file-file khusus orang dewasa.
b. Cyber-Relationship Addiction
Cyber-relationship addiction mengacu pada individu yang senang mencari teman atau relasi secara online. Individu tersebut menjadi kecanduan untuk ikut dalam layanan chat room dan seringkali menjadi terlalu-terlibat dalam hubungan pertemanan online atau terikat dalam perselingkuhan virtual.
c. Net compulsions
Yang termasuk dalam sub tipe net compulsions misalnya perjudian online, belanja online, dan perdagangan online.
d. Information Overload
Information overload mengacu pada web surfing yang bersifat kompulsif.
e. Computer Addiction
Salah satu bentuk dari computer addiction adalah bermain game komputer yang bersifat obsesif.
Faktor
Etiologi
Kecanduan didefinisikan sebagai dorongan kebiasaan untuk terlibat dalam aktivitas tertentu atau menggunakan zat, bukan dengan berdiri konsekuensi buruk pada individu fisik, sosial, spiritual, mental, dan kesejahteraan finansial. Alih-alih mengatasi hambatan hidup, mengatasi stres sehari-hari dan menghadapi trauma masa lalu atau sekarang, pecandu merespon maladaptif dengan beralih ke mekanisme koping semu. Biasanya, kecanduan memanifestasikan karakteristik psikologis dan fisik. Sebagai kecanduan perilaku, fokus pada isu-isu psikologis yang meningkatkan konsumsi internet adalah membantu untuk membantu dalam pemahaman klinis mengapa orang berlebihan.
Cognitive-behavioral Model:
Kecanduan teknologi sebagai bagian dari kecanduan perilaku: kecanduan internet menampilkan komponen inti dari kecanduan (kedudukan kentara, mood modifikasi, toleransi, penarikan, konflik dan kambuh). Dari perspektif ini, pecandu internet ditampilkan arti-penting kegiatan, sering mengalami keinginan dan perasaan disibukkan dengan internet saat offline. Ia juga menunjukkan bahwa menggunakan internet sebagai cara untuk menghindari perasaan mengganggu, mengembangkan toleransi internet untuk mencapai kepuasan, mengalami penarikan, kapan mengurangi penggunaan intenet, penderitaan saat meningkatnya konflik dengan orang lain karena aktivitas, dan kambuh kembali ke internet juga tanda-tanda kecanduan. Model ini telah diterapkan pada perilaku seks tersebut, berjalan, konsumsi makanan, dan perjudian.
Perkembangan Jaringan Komputer
Kecanduan didefinisikan sebagai dorongan kebiasaan untuk terlibat dalam aktivitas tertentu atau menggunakan zat, bukan dengan berdiri konsekuensi buruk pada individu fisik, sosial, spiritual, mental, dan kesejahteraan finansial. Alih-alih mengatasi hambatan hidup, mengatasi stres sehari-hari dan menghadapi trauma masa lalu atau sekarang, pecandu merespon maladaptif dengan beralih ke mekanisme koping semu. Biasanya, kecanduan memanifestasikan karakteristik psikologis dan fisik. Sebagai kecanduan perilaku, fokus pada isu-isu psikologis yang meningkatkan konsumsi internet adalah membantu untuk membantu dalam pemahaman klinis mengapa orang berlebihan.
Cognitive-behavioral Model:
Kecanduan teknologi sebagai bagian dari kecanduan perilaku: kecanduan internet menampilkan komponen inti dari kecanduan (kedudukan kentara, mood modifikasi, toleransi, penarikan, konflik dan kambuh). Dari perspektif ini, pecandu internet ditampilkan arti-penting kegiatan, sering mengalami keinginan dan perasaan disibukkan dengan internet saat offline. Ia juga menunjukkan bahwa menggunakan internet sebagai cara untuk menghindari perasaan mengganggu, mengembangkan toleransi internet untuk mencapai kepuasan, mengalami penarikan, kapan mengurangi penggunaan intenet, penderitaan saat meningkatnya konflik dengan orang lain karena aktivitas, dan kambuh kembali ke internet juga tanda-tanda kecanduan. Model ini telah diterapkan pada perilaku seks tersebut, berjalan, konsumsi makanan, dan perjudian.
Perkembangan Jaringan Komputer
Dalam kehidupan di
zaman modern seperti sekarang ini, komputer adalah suatu kebutuhan barang yang
amat penting untuk memudahkan manusia dalam segala bidang. Tanpa komputer
manusia akan ketinggalan sebuah kemajuan di dunia ini, misalnya dalam kemajuan
pendidikan, kesehatan, pertahanan negara, dan masih banyak hal lagi yang membutuhkan
komputer untuk membantu kita. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas
tentang jaringan komputer.
Jaringan Komputer,
dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer.
Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain yang memungkinkan
terjadinya sebuah sistem komunikasi.
Model/Tipe Jaringan
Komputer
1.
Model Peer to Peer
Peer artinya rekan sekerja. Setiap komputer
di dalam jaringan peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat
berkomunikasi dengan komputer lain yang telah memberi izin. Secara sederhana,
setiap komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus.
1.
Model Client / Server
Model ini memisahkan secara jelas antara server, yaitu yang
dapat memberikan layanan jaringan danclient, yaitu yang
hanya menerima layanan.
1.
Jaringan Hybrid
Jaringan hybrid memiliki semua yang terdapat pada dua tipe
jaringan diatas. Hal ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses
sumberdaya yang di-share oleh jaringan peer, dan dapat
memanfaatkan seumber daya yang disediakan oleh server pada waktu yang sama.
Jenis jaringan
komputer
1.
Local Area Network (LAN)
LAN seringkali
digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam
kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya dan
saling bertukar informasi.
1.
Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan LAN
versi yang lebih besar. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang
berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
1.
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang
luas, sertingkali mencakup sebuah negara ataubenua.WAN terdiri dari
kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.
1.
Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel
merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan
jaringan yang menggunakan kabel.
Bentuk dari topologi
jaringan
1.
Topologi Bus
Dengan topologi ini
komputer di hubungkan secara berantai ( daisy -chain ) dengan perantaraan suatu
kabel yang umumnya beupa kabel tunggal jenis koaksial.
1.
Topologi Cincin
Topologi ini mirip
topologi bus hanya saja ujung -ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran.
1.
Topologi Star
Merupakan Kontrol
terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut
kesemua simpul atau client yang dipilihnya.
1.
Topologi Star- Bus
Gabungan dari topologi
Star dan Bus. Topologi ini yang paling banyak di pakai pada jaringan kantor
yang lebih besar.
1.
Topologi Mesh
Jaringan dengan
topologi mesh mempunyai jalur ganda dari seti ap peralatan di jaringan
komputer.
Manfaat Jaringan
Komputer
1.
Jaringan komputer memungkinkan manajemen
sumber daya yang lebih efisien.
2.
Jaringan computer membantu pertahanan
informasi agar tetap handal dan up to date. Sistem penyimpanan data
terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data
dari berbagai lokasi yang berbeda.
3.
Jaringan computer membantu mempercepat proses
berbagi data(data sharing). Transfer data pada sebuah jaringan lebih cepat
dibandingkan dengan berbagi data menggunakan yang bukan jaringan.
4.
Jaringan computer memungkinkan kelompok
kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
5.
Jaringan computer membantu usaha dalam
melayani klien mereka secara lebih efektif.
Daftar Pustaka
Gunawan, Putu Nopa, dkk. Makalah
Jaringan Komputer. Makasar, 2010.
http://rizma.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/06/16/3/ di
akses 5 Februari 2013, Pukul 14:46 WIB.
Purbo, Ono W. Buku Pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMA Kelas 11. Depdiknas:Jakarta.2008
Bimbel STIS. Modul UTS Pengantar
Teknologi Informasi Semester I. Jakarta. 2011.
http://www.it-artikel.com/2012/06/perkembangan-jaringan-komputer.html di
akses tanggal 5 Februari 2013, Puku 14:48 WIB
0 komentar:
Posting Komentar