Rabu, 28 September 2016

#SIP Etika Menulis Artikel Online



Artikel? Siapa yang tidak pernah membaca sebuah artikel? Pasti kalian sering membacanya melalui internet atau koran. Tetapi apakah kalian tahu bahwa seseorang yang membuat artikel itu berdasarkan sebuah fakta atau tidak? Nah, disini saya akan membahas mengenai “Etika Menulis Artikel Online”.
Pertama-tama saya akan membahas apa itu Etika? Etika berasal dari kata “etika”, “etis”, dan “moral”. Etika juga berasal dari kata yunani “ethos” dalam bentuk tunggal yang memiliki banyak arti, tempat tinggal yang biasa; padang rumput, kandang habitat; kebiasaan adat; akhlak, watak; perasaan sikap, cara berpikir. Etika adalah mengenai bagaimana kita menghadapi tantangan untuk berbuat baik ketika hal itu lebih mahal dari apa yang kita bayar. Etika memiliki 2 aspek, yaitu:
1.      Menyangkut kemampuan membedakan yang benar dari yang salah, yang baik dari yang jahat, dan yang pantas dari yang tidak pantas.
2.      Menyangkut komitmen bertindak yang benar, baik, dan pantas.
Biasanya seseorang menulis artikel hanya berdasarkan perasaan dan informasi yang minim, sehingga artikelnya dapat membuat seseorang sulit memahami dan mudah tersinggung saat membacanya. Maka dari itu, seseorang harus memahami apa itu yang di maksud dengan menulis? Menulis merupakan sarana mengembangkan daya pikir atau nalar dengan mengumpulkan fakta, menghubungkannya kemudian menarik kesimpulan. Menulis juga suatu keterampilan berbahasa yang dipergunkan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif.
Nah diatas sudah ada penjelasan etika dan menulis, selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu artikel? Yang sudah kita bahas-bahas sedikit di awal, artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang atau kelompok yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kontroversial untuk tujuan memberi informasi, mempengaruhi dan meyakinkan atau menghibur khalayak pembaca.
Nah dalam menulis artikel online juga terdapat etika-etika saat penulisan, yaitu:
1.   Seorang penulis harus membuktikan karyanya memang hasil orisinil miliknya, bukan jiplakan,
2.   Penulis juga harus menulis secara cermat, teliti, tepat, dan akurat untuk terhindar dari pelanggaran seperti Fabrikasi data yang merupakan mempabrik data atau membuat data yang sebenarnya tidak ada atau lebih umumnya data fiktif,
3.   Falsifikasi data yaitu mengubah data sesuai dengan keinginan, terutama agar sesuai dengan simpulan yang ingin diambil dari sebuah penelitian ,
4.   Plagiat atau plagiarisme kata ini sudah umum dikalangan masyarakat, khususnya di Indonesia, plagiarisme ialah mengambil kata atau kalimat teks seseorang tanpa memberikan bentuk situasi yang secukupnya.
Dengan adanya pelanggaran ilmiah dapat menjaga kebenaran dan manfaat serta makna informasi yang disebarkan sehingga tidak memberi dampak buruk kepada pembacanya. Seorang penulis juga harus bertanggung jawab dengan tulisan yang dibuatnya dan tulisannya dapat memberi manfaat kepada masyarakat yang membacanya.
            Dengan adanya penjelasan diatas membuat kita mengerti pentingnya etika dalam menulis artikel online, biasanya seseorang menulis hanya menggunakan insting atau perasaan dan mengandalkan informasi yang ada dan minim. Sehingga penulis tidak mengerti apa yang ia tulis merupakan sebuah fakta ataukah sebuah gossip semata.

Sumber:
John, C, M. (2003). Etika Yang Perlu Dikehahui Setiap Pemimpin. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wicaksono, A.  (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Gustiana, A. (2015). Artikel adalah (online). http://dokumen.tips/documents/artikel-adalah.html. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2015 pukul 18.59 WIB.
Abdullah, G, A. (2012). Kode Etik Penulis dan Etika Penulisan dalam Artikel ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Gunadarma University

Popular Posts

Calendar

Diberdayakan oleh Blogger.