Model
mempengaruhi orang Lain
1. Logical
Argument yaitu penyampaian ajakan
menggunakan argumentasi sebuah data-data yang ditemukan. Hal ini telah
disinggung oleh komponen data.
2. Psychological
atau Emotional Argument yaitu pendekatan
ajakan menggunakan efek emosi positif dan negatif. Misalnya saja dalam iklan
yang menyenangkan, lucu dan maupun yang membuat kita berempati itu termasuk
dalam menggunakan pendekatan Psychological Argument yang bersifat positif.
Sedangkan iklan yang biasanya membuat kita muak, marah, menjenuhkan,
itu termasuk pendekatan Psychological
Argument dengan efek emosi yang negatif.
3. Argument
Based On Credibility yaitu ajakan atau arahan yang akan diikuti oleh comunnicate
atau audiens, karena komunikator mempunyai kredibilitas sebagai pakar dalam bidang
tersebut.
Wewenang
dan peran wewenang dalam manajemen
Wewenang merupakan kekuasaan yang memiliki
keabsahan(legitimate power). Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan
sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
agar tercapai tujuan tertentu. Wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal,
dimana manajer menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.
Wewenang formal tersebut harus di dukung juga dengan dasar-dasar kekuasaan dan
pengaruh informal. Manajer perlu menggunakan lebih dari wewenang resminya untuk
mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka, selain juga tergantung pada
kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan mereka .
Peran wewenang dalam manajemen, yaitu:
1. Wewenang
lini (Linie authority) yaitu wewenang yang mengalir secara vertikal. Pelimpahan
wewenang dari atas ke bawah dan pengawasan langsung oleh pemimpin kepada staf
yang menerimanya.
2. Wewenang
staf (Staf authority) yaitu wewenang yang mengalir ke samping yaitu wewenang
yang diberikan kepada staf khusus untuk membantu melancarkan tugas staf yang
diberikan wewenang lini. Wewenang staf diberikan karena ada spesialisasi adanya
tugastugas menegerial yang terkait dengan fungsi staf seperti pengawasan, pelayanan
kepada staf, atau penasihat.
Kesimpulan
Ada berbagai macam ajakan yang
dapat mempengaruhi orang lain, pertama: Logical Argumen, kedua: Psychological
atau Emotional Argument, ketiga: Argument Based On Credibility. Adapun pengertian
mengenai wewenang yaitu memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak
melakukan sesuatu agar tercapainya suatu tujuan tertentu. Selain penjelasan
mengenai wewenang, terdapat juga peran wewenang dalam manajemen yaitu: Wewenang
lini (Linie authority), dan Wewenang
staf (Staf authority).
Sumber:
Edgar, H Schein. (1991). Psikologi
Organisasi. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo.
Munandar, Ashar Sunyoto. (2001).
Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta. Universitas Indonesia.
Sarwono, S.W. (2005). Psikologi
Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
0 komentar:
Posting Komentar